10 Cara Mengatasi Penyakit Obstruktif Kronis(PPOK)

Ada penyakit, penyebab, faktor yang terjadi dan tentunya ada cara untuk mengatasinya. Nah setelah Anda mengetahui penyebab dan faktor yang terkait penyakit PPOK, ini adalah cara untuk mengatasi penyakit PPOK.

Obat Herbal

10 Cara Mengatasi Penyakit Obstruktif Kronis(PPOK)

Menurut Pusat Pengendaliaan dan Pencegahan Penyakit, PPOK adalah penyebab kematian ketiga di dunia. Kemungkinan terbesar yang terserang adalah pria dari pada wanita. Penyebab utama PPOK ialah rokok.

Awalnya, penyakit ini tidak menunjukan gejala atau hanya gejala ringan. Namun dengan seiring waktu , gejala mungkin termasuk batuk terus-menerus yang menghasilkan banyak lendir, sesak nafas, mengi, sesak dada, kekurangan energi dan penurunan berat badan. Mereka dengan penyakit ini juga rentan terkena pilek dan flu.

Apabila tidak dikendalikan, penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi kesehatan lainnya seperti infeksi pernapasan, tekanan darah tinggi, masalah jantung, kanker paru-paru dan depresi.

Meski demikian, dengan perubahan gaya hidup yang lebih baik, obat-obatan dan melakukan pengobatan rumah sederhana, Anda dapat mengontrol gejala dan meminimalkan kerusakan lebih lanjut. Berikut 10 cara untuk mengatasi PPOK.

Behenti merokok

Itu adalah langkah utama yang harus Anda lakukan, karena apabila Anda menderita PPOK, berhenti merokok dapat membantu mengelola kondisi Anda dan bisa meningkatkan kualitas hidup Anda. Asap rokok mengandung ribuan bahan kimia berbahaya dan racun yang apabila dihirup akan mempengaruhi paru-paru. Seiring waktu, racun itu akan menyebabkan iritasi pada paru-paru yang abnormal, dan akan timbul PPOK.

Hindari polusi

Anda juga harus membatasi ekspos terhadap iritasi paru-paru umum, seperti asap rokok, polusi udara lainnya. Debu, serbuk sari, asap, bulu hewan, dan bahan kimia dari produk pembersih, cat atau tekstil juga dapat menyebabkan masalah ini muncul. Bahkan wewangian yang selalu digunakan dalam penyegar udara memancarkan bahan kimia beracun yang buruk bagi paru-paru Anda.

Hindari cuaca ekstrem

Bahkan sedikit perubahan cuaca atau suhu pun dapat memicu gajala PPOK, seperti sesak napas, batuk dan produksi dahak. Apakah itu sangat panas dan lembab atau sangat dingin, Anda harus sangat berhati-hati karena setiap cuaca membawa sendiri masalah bagi pernapasan. Jelas tidak mungkin untuk mengontrol iklim diluar, tapi Anda bisa mengatur suasana dalam ruangan Anda.

Hindari infeksi saluran pernafasan

Karena kerusakan terhadap paru-paru, orang yang mengidap PPOK lebih rentan terjadi infeksi bakteri dan virus. Bakteri berbahaya dan virus menyebabkan gangguan pada lapisan saluran udara, yang menyebabkan peradangan dan masalah pernapasan. Plus, mereka dapat menyebabkan komplikasi serius pada orang yang menderita penyakit paru-paru.

Latihan pernapasan

Latihan pernapasan ini dapat membantu meningkatkan pernapasan pada orang yang menderita PPOK. Mengerutkan bibir saat melakukan pernapasan dan pernapasan diafragma sangat membantu dalam hal ini. Mengerucutkan bibir saat pernapasan adalah latihan sederhana untuk mengontrol sesak napas. Hal ini juga mendorong relaksasi, mengurangi kecemasan dan membuatnya lebih mudah untuk bernapas normal.

Olahraga teratur

Anda mungkin merasa sulit untuk melakukan olahraga dengan gejala PPOK, akan tetapi latihan fisik secara teratur dapat memperkuat otot-otot untuk membantu Anda bernapas dengan benar dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Pola makan yang sehat

Apabila Anda memiliki COPD, Anda harus mengikuti pola makan yang sehat untuk mengelola gejala dan mempertahankan berat badan yang normal atau tepat. Termasuk makanan protein rendah lemak. Makan makanan yang kaya asam Lemak Omega-3 atau mengambil suplemen setelah berkonsultasi dengan dokter Anda. Asam Lemak Omega-3 juga dapat mengurangi peradangan dan membantu meningkatkan pernapasan Anda.

Minum banyak air

Bila menderita PPOK, Anda harus minum banyak cairan sepanjang hari. Selain untuk menjaga Anda agar tidak dehidrasi, itu juga akan menjaga Anda terhindar dari penumpukan lendir di saluran pernapasan sehingga Anda dapat bernapas dengan baik.

Vitamin D

Orang dengan penyakit PPOK cenderung memiliki kadar rendah vitamin D dalam tubuh mereka. Padahal vitamin sangat penting untuk melindungi tubuh terhadap infeksi virus dan bakteri. Hal ini juga mengurangi senyawa dalam tubuh yang merusak jaringan dan membantu fungsi paru-paru.

Akupunktur dan akupresur

Akupunkur dan akupresur adalah pengobatan tradisional cina yang dapat membantu mengelola gejala dari PPOK. Dalam akupunkur jarum yang sangat tipis digunakan pada titik-titik akupresur yang terletak di sepanjang meridian dalam tubuh Anda. Dalam akupresur, tekanan diberikan pada titik-titik bukan dengan jarun melainkan jari.

Terdapat juga obat herbal alami Cordyceps Plus Capsule Green Word. dengan keampuhannya dapat mengatasi penyakit PPOK.

itu dalah beberapa informasi tentang penyakit PPOK, semoga dapat bermanfaat. Dan selalu ingatlah dengan pepatah ini lebih baik mencegah dari pada mengobati, dan lebih baik memperlambat penyakitnya dari pada membiarkannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s